Powered by Blogger.

Friday, February 22, 2013

Anak Autis Dan Anak Hiperaktif Tidak Sama



Anak Hiperaktif dan Autis tidaklah sama, Perbedaan anak autis dan hiperaktif yaitu Anak autis cenderung fokus pada dunianya sendiri sehingga tidak ada perhatian/in-atensif ketika diajak komunikasi, sedangkan Anak ADHD/hiperaktif cenderung tidak mau diam sehingga tidak ada perhatian/in-atensif ketika diajak komunikasi.
Meski anak hiperaktif dan autisme adalah berbeda, tapi ada kesamamannya. Keduanya adalah masalah gangguan kesehatan mental, dan disinilah kesamaan berada. Karena itu, banyak anak penyandang ADHD  juga penyandang autis, dan ini bisa menjadi masalah besar bagi orang tua. Bahkan orang tua yang paling setia di planet ini akan menemukan situasi seperti ini menjadi fenomena yang menantang, dan banyak yang benar-benar bingung mencari pengobatan yang tepat.

Salah satu tantangan terbesar orang tua adalah kenyataan bahwa itu bisa sangat sulit untuk menentukan apakah seorang anak memiliki ADHD atau apakah mereka autis karena kedua kondisi dapat menyebabkan masalah perilaku yang sangat mirip. Hal ini terutama  dalam kasus balita dan anak remaja, tetapi untungnya, saat mereka tumbuh dewasa, akan lebih mudah untuk membedakan antara dua kondisi ini.

Pada usia mulai masuk sekolah, anak autis akan lebih sering menampilkan tanda-tanda hiperaktif dan in-atensif (tidak memperhatikan), tapi dalam tahun pertama atau kedua, sifat-sifat ini biasanya akan mulai memudar, dan terutama jika mereka telah ditempatkan di lingkungan yang sesuai. Di sisi lain, pada usia ini juga, kesulitan mereka mengenai keterampilan sosial akan menjadi semakin terlihat.

Seorang anak ADHD di sisi lain biasanya akan mengembangkan keterampilan sosial yang normal dan mereka tidak sering rentan terhadap kecemasan, tapi mereka sangat tidak mungkin untuk menumpahkan perilaku hiperaktif mereka kecuali mereka diperlakukan. Yang cukup menarik, seorang anak hanya dapat didiagnosis mengalami ADHD adalah ketika dia telah menunjukkan tanda-tanda yang jelas in-atensif, impulsif dan hiperaktif sebelum ulang tahunnya yang ketujuh, dan untuk jangka waktu tidak kurang dari enam bulan.

Apa yang sebenarnya menyebabkan ADHD dan autisme sama sekali tidak jelas? Beberapa peneliti percaya kedua kondisi adalah keturunan, sementara yang lain percaya mereka disebabkan oleh isu-isu lingkungan. Salah satu alasannya adalah banyak di temukan salah satu satu atau kedua orang tua didiagnosis positif adhd/autis setelah anak mereka telah mengalami gangguan tersebut.

Ada banyak metode pengobatan Autis dan hiperaktif yang kita kenal. Untuk membuat keputusan, orang tua harus terlebih dahulu membiasakan diri dengan fakta-fakta tentang ADHD dan autisme, dan kemudian mereka perlu melakukan beberapa penelitian mengenai berbagai pilihan pengobatan.

Terlepas dari diagnosis anak, orangtua perlu mencoba dan menentukan apa yang memicu perilaku seperti hiperaktif. Misalnya, pola makan anak dapat memiliki dampak yang besar terhadap perilaku mereka, dan ini adalah relevansi yang lebih besar dalam kasus ADHD dan autisme. Bahkan anak-anak normal akan menampilkan sejumlah hiperaktif jika mereka mengkonsumsi terlalu banyak gula dan / atau minuman kaya kafein seperti Coca-Cola. Tentu anak-anak dengan ADHD akan merespon bahkan lebih untuk stimulan tersebut, dan karena itu, orangtua perlu memantau mereka dari dekat, dan membatasi akses ke makanan dan minuman bermasalah. Makanan aditif juga sangat berpengaruh dalam hal perilaku, yang tentu saja berarti anak autis, atau anak dengan ADHD, harus diarahkan jauh dari makanan yang mengandung pewarna buatan dan / atau penyedap buatan.


0 komentar:

Post a Comment

 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by n1am.com Blog For warna warni dunia 2013

Blog ilmu pengetahuan