Powered by Blogger.

Saturday, February 9, 2013

Memilih Bibit Lele Yang Unggul Dan Berkualitas Sangat Penting

Cara memilih bibit lele yang unggul dan berkualitas - Pemilihan bibit lele yang unggul dan berkualitas sangatlah penting karena sangat menentukan sukses atau tidaknya budidaya lele. Teliti membeli bibit lele dan setidaknya memperhatikan kriteria bibit lele yang bagus. Dan kamu dapat mengetahui kriteria lele yang berkualitas sebagai berikut :
  • Ikan Lele Sehat, ditandai dengan cirri fisik : Pergerakan ikan lele aktif, nafsu makan bagus, tidak bergerombol, dan tidak menggantung di tepi kolam. Sungut/kumis dan ekor ikan normal. Diperkuat dengan bentuk tubuh dari kepala sampai ekor proporsional. Tidak luput dari pengamatan mata bahwa kulit ikan lele tampak cerah dan mengkilat.
  • Ukuran Benih Lele Seragam. Perhatikan mengenai keseragaman ukuran benih. Ukuran benih lele yang tidak seragam akan berakibat pertumbuhan lele menjadi tidak serempak. Seperti diketahui bawah ikan lele bersifat kanibal. Jika lapar, ikan lele yang berukuran besar akan memangsa lele lain yang ukurannya lebih kecil.Misalnya, jika kita menginginkan ukuran benih 5 cm maka sebaiknya toleransi benih ukuran 4 cm - 6 cm masing-masing tidak lebih dari 10 % populasi.
  • Riwayat (bibit, bebet, bobot) Induk/keturunan. Berasal dari induk yang unggul. Bukan hasil pemijahan (perkawinan) dengan tingkat kekerabatan yang dekat (inbreeding)
  • Riwayat penyakit. Ikan pernah sakit atau tidak? Jika benih lele pernah sakit tanyakan bagaimana kronologis dan cara penanganannya. Apakah menggunakan antibiotik, vitamin, atau probiotik, atau bahkan perlakuan teknis saja. Tidak disarankan menggunakan antibiotik dengan dosis berlebihan karena penyakit/bakteri akan bersifat kebal sehingga memerlukan dosis yang lebih tinggi.
  • Beli dari Pembudidaya Benih Lele CPIB, Beli benih lele dari balai benih atau pembudidaya benih lele yang telah mengantongi sertifikasi CPIB (Cara Pembenihan Ikan yang Baik). Hal ini untuk memastikan bahwa benih berasal dari induk lele yang unggul dan telah menerapkan cara pembenihan ikan yang baik.
  • Amati Fisik dan Gerakannya, Secara fisik benih lele yang berkualitas memiliki ukuran tubuh yang proporsional (ukuran kepala dan tubuh seimbang), tidak cacat, tidak luka, sungut tidak pucat dan warna tubuh cerah dan mengkilap. Selain itu ciri benih lele yang sehat adalah gerakan aktif, lincah, tidak menggantung serta tidak bergerombol di pojok kolam
Semoga kita bisa menjadi peternak sukses ;)
 


1 komentar:

joart said... [Reply to comment]

Berapa bulan lele sudah bisa di konsumsi

Post a Comment

 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by n1am.com Blog For warna warni dunia 2013

Blog ilmu pengetahuan