Powered by Blogger.

Thursday, November 8, 2012

Psikologi Perkembangan Anak Remaja | Presentation Transcript

Belajar Psikologi Perkembangan Anak Remaja. menurut para ahli dan juga ciri - ciri remaja. untuk yang lagi nyari mata kuliah psikologi perkembangan.

Perkembangan anak remaja

Beberapa pengertian remaja antara lain :

  • Menurut Hurlock (1981) remaja adalah mereka yang berada pada usia 12-18 tahun. 
  • Monks, dkk (2000) memberi batasan usia remaja adalah 12-21 tahun
  • Menurut Stanley Hall (dalamSantrock, 2003) usia remaja berada pada rentang 12-23 tahun.  Pada umumnya remaja didefinisikan sebagai masa peralihan antara masaa nak dan masa dewasa yang berjalan antar aumur 12 tahunsampai 21 tahun
  • Menurut Adams & Gullota (dalamAaro, 1997), masa remaja meliputi usia antara 11 hingga 20 tahun. 
  • Hurlock (1990) membagi masa remaja menjadi masa remaja awal (13 hingga 16 atau 17 tahun) dan masa remaja akhir (16 atau 17 tahun hingga 18 tahun)
Pembahasan Kata “remaja” berasal dari bahasa latin yaitu adolescere yang berarti to grow atau to grow maturity(Golinko, 1984 dalam Rice, 1990). 
Banyak tokoh yang memberikan definisi tentang remaja, seperti De Brun (dalam Rice, 1990) mendefinisikan remaja sebagai periode pertumbuhan antara masa kanak-kanak dengan masa dewasa. 
Papaliadan Olds (2001) tidak memberikan pengertian remaja (adolescent) secara eksplisit melainkan secara implisit melalui pengertian masa remaja (adolescence)

Ciri-ciri remaja :
  1. Peningkatan  emosional yang terjadi secara cepat pada masa remaja awal yang dikenal dengan sebagai masa storm & stress.
  2. Perubahan yang cepat secara fisik yang jugad isertai kematangan seksual.
  3. Perubahan dalam hal yang menarik bagi dirinya dan hubungan dengan orang lain.
  4. Perubahan nilai, dimana apa yang mereka anggap penting  pada masa kanak-kanak menjadi kurang penting karena sudah mendekati dewasa.Kebanyakanremajabersikapambivalendalammenghadapiperubahan yang terjadi.

Tugas Perkembangan Remaja

Tugas perkembangan remaja menurut Havighurst dalamGunarsa (1991) antara lain: Memperluas hubungan antara pribadi dan berkomunikasi secara lebih dewasa dengan kawan sebaya, baik laki-
laki maupun perempuan memperoleh peranan sosial menerima kebutuhannya dan menggunakannya dengan efektif memperoleh kebebasan emosional dari orangtua dan orang dewasa lainnya mencapai kepastian akan kebebasan dan kemampuan berdiri sendiri memilih dan mempersiapkan lapangan pekerjaan mempersiapkan diri dalam pembentukan keluarga membentuk sistem nilai, moralitas dan falsafah hidup.

Pada umumnya masa remaja dapat dibagi dalam sebagai berikut :
  1. Periode Masa Puberusia 12-18 tahun. Masa Pra Pubertas: peralihan dari akhir masa kanak-kanak kemasa awal pubertas. Cirinya: Anak tidak suka diperlakukan seperti anak kecil lagi. Anak mulai bersikap kritis.
  2. Masa Pubertas usia 14-16 tahun: masaremajaawal. Cirinya: Mulai cemas dan bingung tentang perubahan fisiknya. Memperhatikan penampilan, sikapnya tidak menentu/plin-plan, suka berkelompok dengan teman sebaya dan senasib.
  3. Masa Akhir Pubertas usia 17-18 tahun: peralihan dari masa pubertas kemasa adolesen. Cirinya: Pertumbuhan fisik sudah mulai matang tetapi kedewasaan psikologisnya belum tercapai sepenuhnya. Proses kedewasaan jasmaniah pada remaja putri lebih awal dari remaja pria2.
  4. Periode  19-21 tahun Merupakan masa akhir remaja. Beberapa sifat penting pada masa ini adalah: perhatiannya tertutup padahal-hal realistis mulai menyadari akan realitas sikapnya mulai jelas tentang hidup mulai nampak bakat dan minatnya.

Materi Psikologi Perkembangan Anak Remaja diatas merupakan salah satu materi yang diajarkan pada waktu saya kuliah.

 




0 komentar:

Post a Comment

 


  © Blogger template 'ASIK-For You' by n1am.com Blog For warna warni dunia 2013

Blog ilmu pengetahuan